Bubur Sumsum: Hidangan Lezat Berbahan Dasar Tepung Beras - Ideas Recipes

Bubur Sumsum: Hidangan Lezat Berbahan Dasar Tepung Beras

Bubur sumsum terbuat dari tepung beras, salah satu kuliner tradisional Indonesia yang digemari banyak orang. Teksturnya yang lembut dan rasanya yang gurih membuatnya cocok disantap sebagai hidangan penutup atau sarapan pagi.

Bahan utama dalam pembuatan bubur sumsum adalah tepung beras, gula, santan, dan air. Tepung beras memberikan tekstur yang lembut dan mengenyangkan, sementara gula dan santan memberikan rasa manis dan gurih yang khas.

Bahan-Bahan Bubur Sumsum

Bubur sumsum adalah hidangan tradisional Indonesia yang memiliki cita rasa gurih dan manis. Bubur ini terbuat dari bahan-bahan sederhana namun kaya rasa.

Bahan utama bubur sumsum antara lain:

Tepung Beras

Tepung beras adalah bahan dasar bubur sumsum yang memberikan tekstur lembut dan sedikit kenyal. Tepung beras yang digunakan biasanya adalah tepung beras putih yang sudah dihaluskan.

Santan

Santan adalah cairan kental yang berasal dari kelapa. Santan memberikan rasa gurih dan aroma yang khas pada bubur sumsum. Santan yang digunakan biasanya adalah santan kental yang diperoleh dari parutan kelapa yang diperas.

Gula Jawa, Bubur sumsum terbuat dari

Gula jawa adalah pemanis alami yang terbuat dari nira pohon kelapa. Gula jawa memberikan rasa manis yang legit dan sedikit karamel pada bubur sumsum. Gula jawa yang digunakan biasanya adalah gula jawa yang sudah dihaluskan.

Daun Pandan

Daun pandan adalah daun yang memberikan aroma wangi pada bubur sumsum. Daun pandan digunakan dalam bentuk simpul atau diikat menjadi satu agar mudah diangkat setelah bubur matang.

Garam

Garam digunakan untuk menyeimbangkan rasa bubur sumsum. Garam yang digunakan biasanya adalah garam halus yang ditambahkan sedikit demi sedikit sesuai selera.

Nama BahanFungsiRasio Takaran
Tepung BerasBahan dasar100 gram
SantanPemberi rasa gurih250 ml
Gula JawaPemanis100 gram
Daun PandanPemberi aroma2 lembar
GaramPenyeimbang rasaSecukupnya

Proses Pembuatan Bubur Sumsum

Bubur sumsum terbuat dari

Bubur sumsum merupakan hidangan manis yang terbuat dari tepung beras dan santan. Proses pembuatannya tergolong mudah dan tidak memerlukan waktu lama. Berikut langkah-langkah pembuatan bubur sumsum:

Bahan-Bahan

  • 1 kg tepung beras
  • 2 liter santan
  • 1/2 sdt garam
  • Gula pasir secukupnya
  • Daun pandan (opsional)

Langkah Pembuatan

  1. Campurkan tepung beras, santan, garam, dan gula pasir dalam panci.
  2. Aduk hingga adonan tercampur rata dan tidak ada gumpalan.
  3. Tambahkan daun pandan (jika menggunakan) dan masak dengan api sedang sambil terus diaduk.
  4. Masak hingga adonan mengental dan meletup-letup.
  5. Tuang bubur sumsum ke dalam loyang atau wadah cetakan.
  6. Biarkan bubur sumsum mendingin hingga set.
  7. Potong-potong bubur sumsum sesuai selera dan sajikan.
  8. Variasi dan Kreasi Bubur Sumsum: Bubur Sumsum Terbuat Dari

    Bubur sumsum yang klasik dan tradisional memang lezat, namun terdapat pula variasi dan kreasi modern yang tak kalah menggugah selera. Variasi ini menawarkan pengalaman rasa yang unik dan berbeda, membuat bubur sumsum semakin kaya dan menarik.

    Variasi Regional

    Di Indonesia, bubur sumsum memiliki beberapa variasi regional yang dipengaruhi oleh cita rasa dan bahan lokal. Di Sumatera Barat, bubur sumsum disajikan dengan kuah santan yang gurih dan kaya rasa. Sementara di Jawa Tengah, bubur sumsum seringkali ditambahkan gula jawa dan daun pandan, sehingga menghasilkan rasa yang lebih manis dan harum.

    Kreasi Modern

    Selain variasi regional, terdapat juga kreasi bubur sumsum modern yang berinovasi dalam hal bahan dan penyajian. Beberapa kreasi yang populer antara lain:

    • Bubur Sumsum Pandan Keju:Bubur sumsum yang dicampur dengan ekstrak pandan dan keju parut, memberikan rasa gurih dan harum yang unik.
    • Bubur Sumsum Ubi Ungu:Bubur sumsum yang dipadukan dengan ubi ungu, menghasilkan warna ungu cantik dan rasa manis alami.
    • Bubur Sumsum Mangga:Bubur sumsum yang disajikan dengan potongan mangga segar, menciptakan perpaduan rasa manis, asam, dan segar.

    Nilai Gizi Bubur Sumsum

    Bubur cocok puasa sumsum sagu khas hingga

    Bubur sumsum merupakan hidangan yang kaya nutrisi dan menawarkan berbagai manfaat kesehatan. Komposisinya yang unik menjadikannya pilihan yang baik untuk sarapan atau makanan ringan yang menyehatkan.

    Kandungan Nutrisi

    Bubur sumsum mengandung kalori, karbohidrat, protein, dan vitamin yang cukup. Dalam satu porsi (200 gram), terdapat sekitar:

    • Kalori: 150
    • Karbohidrat: 35 gram
    • Protein: 5 gram
    • Vitamin B1 (Tiamin): 10% dari AKG
    • Vitamin B3 (Niasin): 5% dari AKG
    • Vitamin C: 5% dari AKG

    Manfaat Kesehatan

    Mengonsumsi bubur sumsum secara teratur dapat memberikan beberapa manfaat kesehatan, antara lain:

    • Memberikan energi: Karbohidrat dalam bubur sumsum menyediakan energi yang cepat dan berkelanjutan.
    • Meningkatkan kesehatan pencernaan: Bubur sumsum mengandung serat yang dapat membantu melancarkan pencernaan dan mencegah sembelit.
    • Menurunkan kadar kolesterol: Kandungan serat dalam bubur sumsum dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL yang berbahaya.
    • Mengontrol gula darah: Indeks glikemik bubur sumsum yang rendah membantu mengatur kadar gula darah dan mencegah lonjakan insulin.
    • Meningkatkan fungsi kekebalan tubuh: Vitamin C dalam bubur sumsum membantu meningkatkan fungsi kekebalan tubuh dan melindungi dari infeksi.

    Sejarah dan Budaya Bubur Sumsum

    Bubur sumsum merupakan hidangan tradisional Indonesia yang telah ada sejak zaman dahulu. Berasal dari Jawa Tengah, bubur ini memiliki sejarah dan peran penting dalam budaya Indonesia.

    Pada masa lalu, bubur sumsum sering disajikan pada acara-acara khusus seperti pernikahan, kelahiran, dan perayaan keagamaan. Hidangan ini juga dikaitkan dengan kemakmuran dan kesuburan.

    Asal-usul Bubur Sumsum

    Asal-usul bubur sumsum tidak diketahui secara pasti, namun diperkirakan berasal dari masa Kerajaan Majapahit. Pada saat itu, masyarakat Jawa sering membuat bubur dari tepung beras sebagai makanan pokok. Seiring waktu, bubur ini dimodifikasi dengan penambahan tepung sagu dan santan, menghasilkan bubur sumsum yang kita kenal sekarang.

    Peran dalam Budaya Indonesia

    Bubur sumsum memiliki peran penting dalam budaya Indonesia, khususnya di Jawa. Hidangan ini sering disajikan sebagai hidangan pembuka atau makanan penutup pada acara-acara tradisional.

    Bubur sumsum yang lembut dan gurih terbuat dari tepung beras yang diolah dengan santan kental. Bagi pencinta kuliner, setelah menyantap ayam penyet jakarta yang pedas dan menggugah selera, bubur sumsum yang manis dan menyegarkan dapat menjadi penutup yang sempurna. Bubur sumsum yang hangat dan mengenyangkan ini cocok dinikmati kapan saja, baik sebagai sarapan, camilan sore, atau makanan penutup yang memanjakan.

    • Pada pernikahan, bubur sumsum melambangkan kesuburan dan kemakmuran.
    • Pada kelahiran, bubur sumsum disajikan sebagai simbol keberkahan dan kesehatan bagi bayi yang baru lahir.
    • Pada perayaan keagamaan, bubur sumsum menjadi hidangan yang mempererat kebersamaan.

    Ringkasan Penutup

    Bubur sumsum terbuat dari

    Bubur sumsum merupakan kuliner khas Indonesia yang kaya akan nilai gizi dan memiliki cita rasa yang lezat. Hidangan ini mudah dibuat dan dapat dinikmati oleh semua kalangan. Jadi, tidak ada salahnya mencoba membuat bubur sumsum sendiri di rumah untuk memanjakan lidah dan menikmati kuliner tradisional yang menggugah selera.

    FAQ Terperinci

    Apa saja bahan utama dalam pembuatan bubur sumsum?

    Tepung beras, gula, santan, dan air.

    Apa yang membuat bubur sumsum memiliki tekstur yang lembut?

    Tepung beras yang digunakan sebagai bahan utama.

    Apakah bubur sumsum bisa dikonsumsi oleh semua kalangan?

    Ya, bubur sumsum aman dikonsumsi oleh semua kalangan.

About admin

Check Also

bolu kukus intext 1

Cara Bikin Bolu Kukus: Lembut, Mengembang, dan Nikmat

Cara bikin bolu kukus – Menikmati kelembutan dan kenikmatan bolu kukus tidak lagi hanya sekadar …

Leave a Reply

Your email address will not be published.